11 langkah awal memulai bisnis

Punya bisnis sendiri rasanya memang menyenangkan. Apalagi jika berhasil meraih sukses. Usaha dan kerja keras kita membangun bisnis, terbayar impas. Namun, butuh persiapan matang untuk memulai bisnis sendiri. Agar tak salah langkah, perhatikan 11 langkah awal memulai bisnis berikut:

1.Tentukan ide usaha
Sesuaikan usaha yang akan dibuka dengan kemampuan, minat dan bakat yang Anda miliki. Namun, tentu dengan tetap memerhatikan selera pasar dan peluang yang ada. Misalnya dengan menjual sesuatu yang belum pernah ada di lingkungan Anda, sehingga terkesan unik dan menarik.

2.Menganalisa jenis usaha
Pastikan bisnis yang didirikan adalah jenis usaha yang Anda minati. Sehingga Anda tak setengah hati menjalankannya dan akan semakin baik, jika didukung dengan pengetahuan dan pengalaman Anda di bidang tersebut. Dan jangan lupa, lakukan analisis Break Event Point untuk menentukan potensi yang ada dalam jenis usaha Anda.

3.Ciptakan visi dan misi usaha
Sebuah usaha harus mempunyai visi dan misi yang jelas, sehingga tujuan dan langkah usaha tersebut dapat terstruktur dengan baik untuk menunjang pengembangan usaha yang dibangun.

4.Siapkan modal
Modal merupakan faktor penting dalam memulai usaha sendiri. Modal bisa didapat dari, modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan uang dari bank, dan sistem partnership. Oya, jika modal belum cukup dan tak ingin berhutang, Anda bisa juga memulai bisnis tanpa modal dengan menjadi reseller (pengecer) suatu produk.

5.Hemat pengeluaran
Hindari menghabiskan modal untuk hal-hal yang tidak terlalu perlu, seperti interior mewah. Ada Mempercantik tempat bisnis Anda memang perlu untuk menarik perhatian customer, tapi perlu diingat, ada kebutuhan biaya lain yang harus Anda keluarkan, misalnya membayar gaji pegawai dan membayar sewa tempat.

6.Mulai wujudkan
Sebaik apapun ide usaha yang Anda punya, tidak akan pernah menjadi usaha yang sukses jika tidak pernah diwujudkan. Mulailah segera usaha yang telah Anda rencanakan, dengan penuh keyakinan dan ketekunan.

7.Selalu belajar 
Tak perlu gengsi untuk belajar dan mengamati pengusaha yang telah sukses dengan bidang yang sama. Selain itu,  perdalam pengetahuan mengenai semua hal yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan, agar produk Anda bisa lebih inovatif.

8.Hadapi hambatan dan kegagalan
Membangun sebuah usaha hingga sukses tidaklah mudah, adanya hambatan serta risiko kegagalan bisa terjadi kapan saja. Tetaplah semangat dan positive thinking, selama Anda menjalankan bisnis dengan cara yang baik tentu akan selalu ada solusi dari setiap masalah.

9.Perluas networking Anda
Networking sangat penting untuk kemajuan bisnis. Anda bisa bergabung dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha Anda. Hal ini juga membuka kesempatan promo bisnis Anda dilakukan dengan cara words of mouth

10.Promosi
Tentukan strategi promosi yang akan dilakukan untuk mengenalkan produk atau bisnis Anda pada customer. Kini, jejaring sosial bisa menjadi pilihan media yang cepat dan tepat sasaran, dan gratis, sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda.

11.Legalkan bisnis
Jadikan usaha Anda sebagai usaha yang legal dan diakui secara hukum. Langkah awal tentukan struktur hukum, pilih nama untuk bisnis Anda, setelah itu daftarkan nama usaha Anda kepada Ditjen Hak Kekayaan Intelektual sebagai merek dagang resmi dan sah di mata hukum, sehingga Anda bisa dijalankan dengan aman dan nyaman.

Iklan